Arsitektur Softwitch dan Desain Komunikasi Data

Hasil gambar untuk desain komunikasi data yang terdiri dari 2 laboratorium

Pengertian softswitch dan Arsitektur softswitch

1. Pengertian softswitch
       softswitch merupakan istilah generik untuk pendekatan baru teknologi baru teknologi switching, menyangkut di dalamnya istilah call control, dan call processing. karena softswitch merupakan suatu istilah yang generik, maka muncullah beberapa pengertian yang didefinisikan oleh beberapa  vendor dan badan standardisasi.
        softswitch merupakan entitas berbasis software yang menjadikan fungsi kontrol panggilan pada jaringan IP. Softwitch diperkenalkan dan dikembangkan oleh International Softswitch Consortium (ISC), yang sekarang telah berubah namanya menjadi International Packet communicationts Consortium (IPCC), dan terakhir berubah lagi namanya menjadi Multiserver Swicthing Forum (MSF). Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telepon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, TV kabel, dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini.
A. Arsitektur fungsi
1) Mangement plane
Management plane menangani fungsu seperti berlangganan dan ketetapan jasa/layanan, dukungan operasional, penagihan, dan tugas manajemen jaringan lainnya, seperti informasi biling.
2) Service and application plane
Service and application plane menyediakan kendali, logika, dan pengeksekusi satu atau lebih jasa/layanan atau aplikasi di dalam suatu jaringan VoIP.
3) Call control and signalling plane
Call control and signalling plane mengontrol elemen utama pada jaringan VoIP, khususnya pada transport plane .
4) Transport plane
Transport plane bertanggung jawab untuk pengiriman pesan antarjaringan VoIP. pesan ini bisa berupa call signalling, call, dan media setup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal AIJ

Soal TLJ & AIJ

Dedicated Hosting Server dan Konfigurasi Dedicated Hosting Server