Sejarah Pemuda Indonesia

Sejarah lahirnya sumpah pemuda 1928, mulanya berawal dari para tokoh PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajara Indonesia) serta para cendekiawan yang mengemukakan berbagai idenya mengenai masalah untuk menyatukan seluruh organisasi berbasis pemuda yang ada di Indonesia.
Selama 1 tahun sejak tahun 1926 pertemuan ini terus diadakan dan berlangsung, sampai pada akhirnya diperolehlaj hasil yang tepat pada tanggal 20 Februari 1927. Tepat pada bulan Mei tahun 1928 pertemuan diadakan kembali dan berlanjut pada pertemuan selanjutnya tanggal 12 Agustus 1928 yang merupakan pertemuan terakhir.
Pertemuan terakhir tersebut juga dihadiri oleh seluruh barisan organisasi pemuda yang ada di Indonesia. Hasil akhir keputusan dari pertemuan tersebut yakni akan diadakannya Kongres pada bulan Oktober mendatang. Sementara itu, untuk susunan panitianya adalah masing-masing organisasi memiliki satu jabatan.
Sejarah lahirnya sumpah pemuda 1928 dilanjutkan dengan menyusun panitia kongres pada bulan Agustus yang semua organisasi pemuda juga terlibat di dalamnya. Selain organisasi PPPI, organisasi lain juga terlibat, diantaranya seperti Jong Java, Jog Celebes, Jong Soemantranen Bond, dan organisasi lainnya. Sementara itu, tokoh-tokoh yang juga terlibat di dalamnya adalah J. Leimena, Muhammad Yamin, serta Sugondo Djojopuspito.
Peristiwa Sejarah lahirnya sumpah pemuda 1928 juga mengungkapkan bahwa kongres pemuda yang terjadi berlangsung dalam kurun waktu 2 hari, yakni tepat pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928. Lagu Indonesia Raya yang merupakan ciptaan dari W.R Supratman merupakan salah satu lagu kebangsaan yang juga dinyanyikan saat penutupan rapat. Namun bedanya lagu tersebut hanya dimainkan instrumennya saja.
Hasil dari kongres ini akhirnya dihasilkan sebuah rumusan Sumpah Pemuda. Moehammad Yamin merupakan penulis dari teks Sumpah Pemuda ini. Rumusan Sumpah Pemuda itu juga telah disetujui oleh Soegondo Djojopuspito yang merupakan ketua dari kongres ini.
Rumusan Sumpah Pemuda ini akhirnya dibacakan oleh Soegondo, dan Moehammad Yamuin pun juga turut berperan memberikan keterangan secara detail.

Pesan : Semoga Pemuda Indonesia bisa menjadi                    Pemuda yang berjiwa Nasionalisme
Kesan : Tetap Bangga menjadi Pemuda Indonesia
Motivasi : Harus lebih maju untuk pemuda                                    sekarang  dan bisa memajukan Indonesia                    dari sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal AIJ

Soal TLJ & AIJ

Dedicated Hosting Server dan Konfigurasi Dedicated Hosting Server